Pengaruh Media Dinding Kata Terhadap Kemampuan Menyusun Kalimat Pada Siswa Kelas Ii Di Sd Negeri 22 Kendari

Downloads

Downloads per month over past year

Ardiansya, Abdul Ferdi (2025) Pengaruh Media Dinding Kata Terhadap Kemampuan Menyusun Kalimat Pada Siswa Kelas Ii Di Sd Negeri 22 Kendari. S1 thesis, Universitas Sulawesi Tenggara.

[thumbnail of Skripsi Abdul Ferdi Ardiansya (Autosaved) (1).pdf] Text
Skripsi Abdul Ferdi Ardiansya (Autosaved) (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (709kB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis peneilitian Quasi Experimental Design. Desain penelitian yang digunakan Nonequivalent Control Group Design, populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah kelas II di SDN 22 Kendari yang berjumlah 21 siswa. Pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, soal isian dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan analisis statistic deskriftif dan analisis statistic inferensial. Berdasarkan hasil penelitian tersebut di atas, dapat disimpulkan bahwa terdapat
Pengaruh Media Dinding Kata Terhadap Kemampuan Menyusun Kalimat pada
Siswa Kelas II Di SD Negeri 22 Kendari. diketahui pula berdasarkan hasil
perhitungan uji-t one sample. Hasil penelitian ini diperoleh peningkatan nilai ratarata

pretest yang sebesar 65 menjadi 81,67 pada posttest, menunjukkan
kemajuan yang signifikan. Hasil uji paired sample t-test juga mendukung temuan
ini, dengan nilai signifikansi (2-tailed) p=0.003 yang lebih kecil dari 0,05, sehingga
H1 diterima dan H0 ditolak. Dengan demikian, penggunaan Dinding Kata terbukti
efektif dan signifikan dalam meningkatkan hasil belajar siswa, yang menunjukkan
pentingnya media pembelajaran yang menarik dan interaktif dalam proses
pendidikan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Dinding Kata, Kemampuan Menyusun Kalimat
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: sufrianto satam
Date Deposited: 24 May 2025 05:29
Last Modified: 12 Jun 2025 07:42
URI: http://eprints-unsultra.ac.id/id/eprint/86

Actions (login required)

View Item
View Item